Selasa, 13 September 2016

Nama : Kusuma Gama Sukaca
NIM : 16/400969/SV/11473

ROBOMIND

1. Menu File 
Di dalam menu banyak pilihan untuk save, lembar baru , membuka file , dll. Dan seperti gambar di bawah ini




Gambar  Fitur - Menu File


New : Lembar baru
Open : Membuka file pekerjaan yang pernah dibuat
Save : Menyimpan file
Save as : Menyimpan file dengan nama lain
Print : Mencetak lembar kerja
Export  : mengekspor program
Translate script : Memuka program dalam Bahasa lain
Open map : Membuka fil peta
Setting : Pengaturan fungsi robomind
Exit : Keluar



2. Menu Bar [Edit]
Dalam menu bar edit banyak tombol , kegunaannya seperti yndo , redo , cut ,copy , dll. Seperti gambar dibawah ini

Gambar 5. Fitur - Menu Bar [Edit]


Undo : kembali ke kondisi semula
Redo : membatalkan “Undo”
Paste : Menempelkan teks / gambar
Cut : memotog teks / gambar
Copy : Menggandakan teks / gambar
Select All : menyorot semua bagian file
Insert : menyisipkan emplat instruksi program
Find : Mencari instruksi dalam file program
Replace : mengganti intruksi dengan intruksi lain

3. Menu Bar [View]

Gambar 6. Fitur - Menu Bar [View]





Zoom in ; Untuk memperbesar tampilan
Zoom out : Untuk memperkecil tampilan
Show grid : Menampilkan garis strimin pada map
Show radar : menampilkan radar
Show stats : Menampilkan statiskik gerak robot
Track robot : membuat layer mengikuti tiap gerakan robot
Create screen dump : Membuat captue lapangan

4. Menu Bar [Run] 


Gambar 7. Fitur - Menu Bar [Run]


Execute : Menjalankan robt sesuai dengan program yang dibuat
Step : Menjalankan robot secara langkah demi langkah
Pause : Menghentikan eksekusi gerak robot sementara
Stop : Menghetikan eksekusi gerak robot
Remote control : Panel kendali robot secara manual












5. Menu Bar [Help] 


Gambar 8. Fitur - Menu Bar [Help]


Help topics : memanggil halaman “document overview”
Robomind online : Menuju halaman website www.robomind.net
About Robomind : Membuka jendela “Robomind information”


6. Panel – Text Editor 

Text editor (panel script) digunakan untuk menulis program pengendalian robot. Lihat gambar 9!


Gambar 9. Panel – Text editor



7. Panel – Lapangan Permainan (world) 

Untuk keperluan uji coba pergerakan robot dengan program yang telah kita buat, RoboMind telah meyediakan panel lapangan permainan. Lihat gambar 10! 


Gambar 10. Panel – Lapangan permainan (world)

Lapangan permainan ini dapat diubah sesuai dengan yang kita inginkan, yaitu dengan langkah klik menu File >> Open map >> namaMap.map. 

Model lapangan permainan yang ingin kita gunakan dapat dideklarasikan dalam kode program yang kita buat, yaitu dengan perintah sebagai berikut:

# map : namaMap.map 


8. Panel – Run Program (execute) 

Apabila kita ingin menjalankan robot yang programnya telah kita siapkan, RoboMind menyediakan fitur Panel – Run Program (execute). Panel excecute ini mudah penggunaannya. Disana disediakan tombol-tombol selayaknya kita menjalankan aplikasi “Media Player” semacam Winamp. Lihat gambar 11! Kecepatan eksekusi program dapat diatur dengan menggeser level kecepatan pada panel “Run”.

Gambar 11. Panel – Run program (execute)

9. Panel – Pesan 

Lihat gambar 12! Ketika kita pertama kali membuka program RoboMind, maka RoboMind akan menyapa dengan pesan tulisan pada panel pesan: 

“Robot: Hi [namaUser], welcome to RoboMind”


Dalam membuat program yang kemudian kita eksekusi terkadang terdapat kesalahan (error). Mungkin kesalahan dalam penulisan kode program atau juga kesalahan dalam menggunakan struktur program. Apabila hal ini terjadi, RoboMind akan menampilkan pesan kesalahan tersebut pada panel pesan. Pesan kesalahan yang ditampilkan pada panel pesan tersebut adalah letak baris dan keterangan kesalahan yang terjadi. Lihat gambar 13! 



                                                             Gambar 13. Pesan error                                          












CARA MENJALANKAN DAN MEMBUAT PROGRAM ROBOMIND


Sebuah bahasa pemrograman khusus pada RoboMind telah dibuat yang terdiri dari satu set aturan ringkas dan ditujukan untuk pemrograman robot yang bisa pula disisipkan aturan-aturan lain seperti struktur kendali percabangan (IF, IF-ELSE, IF – ELSEIF) dan perulangan (For, While, Do – While).
paintBlack(): perintah untuk membuat jejak berwarna hitam
forward() : perintah untuk robot agar bergerak maju
left() : perintah untuk robot agar berganti arah ke kiri
right() : perintah untuk robot agar berganti arah ke kanan
backward() : perintah untuk robot agar bergerak mundur
stopPainting() : perintah untuk robot agar berhenti membuat jejak
Repeat() : perintah pengulangan script yang telah dibuat

Belajar Pemrograman Dasar Robotik dengan Bantuan RoboMind



Jika user ingin tidak menggunakan script bisa juga dengan mode remote control seperti gambar dibawah ini dengan click tombol yang diiinginkan.
Belajar Pemrograman Dasar Robotik dengan Bantuan RoboMind

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

r
e
t
u
p
m
o
C
r
u
o
y
p
l
e
H